Senin, 08 Juni 2009

Mengenal Prawirodirjan

Prawirodirjan merupakan salah satu Kelurahan yang penduduknya padat di 0 Km Kota Yogyakarta, terdiri dari 3 kampung. Yaitu Kampung Prawirodirjan, Kampung Sayidan dan Kampung Yudonegaran.

Wilayah Kelurahan Prawirodirjan mempunyai permasalah yang sangat komplek, karena wilayahnya terdiri dari bantaran sungai Code, pusat kota Jogja dan banyaknya pendatang yang mengakibatkan padatnya penduduk di wilayah ini. Berbagai permasalahan ada di sini, dari permasalahan sosial, ekonomi, kesehatan, budaya dan lingkungan.

Permasalahan ini tak bisa ditangani sendiri-sendiri, sehingga perlu adanya peran serta masyarakat dalam penanganan masalah yang muncul di wilayah Kelurahan Prawirodirjan. Untuk itu muncul sinergitas masyarakat dengan berdirinya “Forum Kelurahan Siaga” yang berusaha untuk membantu masyarakat dalam penangan masalah-masalah yang muncul terutama masalah kesehatan dan kegawat daruratan. Karena Prawirodirjan termasuk Kelurahan yang mempunyai permasalah tertinggi dalam kasus Demam Berdarah dan permasalahan kesehatan lingkungan terutama daerah bantaran sungai Code. Sungai Code juga merupakan area yang perlu diwaspadai, karena sewaktu-waktu banjir datang bahkan saat ini telah terjadi erosi/penggerusan tanah disekitar bantaran sungai.

Dengan begitu “Forum Kelurahan Siaga” harus bisa sebagai salah satu lembaga yang bisa menghasilkan solusi di wilayahnnya bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang ada di wilayah Kelurahan saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut